Popular Posts

Minggu, 28 Desember 2014

Proposal Membuat Aplikasi Keamanan SMS pada Blackberry

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.              Latar Belakang Masalah

Perkembangan dunia teknologi dari tahun ke tahun semakin maju. Terutama dalam persaingan Gadget yang saat ini saling menonjolkan fitur-fitur kelebihannya. Salah satunya BlackBerry, BlackBerry adalah Perangkat Selular yang memiliki kemampuan layanan Push E-Mail, Telepon, Sms, Menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.
Teknologi SMS yang digunakan di ponsel Blackberry sampai hari ini tetap menjadi media komunikasi yang populer oleh masyarakat, selain mudah digunakan biayanya juga lebih murah. Tapi di sisi lain dari teknologi SMS juga memiliki kelemahan. Teknologi SMS tidak menjamin keamanan dan kerahasiaan pesan yang dikirim. Beberapa risiko juga merupakan ancaman bagi keamanan termasuk SMS spoofing, SMS snooping, dan SMS interception. Dari beberapa ancaman terhadap risiko seperti pesan SMS, maka perlu untuk membangun sebuah aplikasi yang mampu mengamankan dan menyimpan pesan SMS rahasia, sehingga dalam hal terjadi ancaman dan pesan yang dibuka, isi pesan tetap rahasia. Salah satu solusi untuk mengamankan dan menjaga pesan untuk mengenkripsi pesan SMS sebelum pengiriman.
 Untuk menangani masalah keamanan ini, salah satu teknik yang sudah dikembangkan untuk mengamankan data adalah dengan menggunakan algoritma penyandian data. Algoritma penyandian data saat ini telah semakin banyak jumlahnya, sejalan dengan berkembangnya ilmu yang memperlajari penyandian data tersebut. Ilmu ini biasa disebut Kriptografi.
Dalam kriptografi terdapat beberapa metode yang cukup penting dalam pengamanan data yang dikirimkan agar terjaga kerahasiaan data salah satunnya adalah enkripsi (encryption). Enkripsi adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengubah pesan asli menjadi chipertext. Sedangkan suatu proses yang dilakukan untuk mengubah pesan tersembunyi ke bentuk asalnya (teks-asli). Pesan biasa atau pesan asli disebut juga plaintext, sedangkan pesan yang telah dirubah sehingga tidak bisa terbaca disebut juga chipertext.
Untuk mengatasi  masalah keamanan teknologi SMS pada ponsel Blackberry ini, maka dilakukan pendekatan teknologi enkripsi data menggunakan algoritma kriptografi klasik teknik dasar substitusi kode Vigenere Cipher yang nantinya diimplementasikan ke dalam aplikasi pengiriman SMS pada ponsel Blackberry yang sudah terinstal Code Signing Key.

1.2.              Identifikasi Masalah
                                                                                         
Teknologi SMS yang digunakan di ponsel Blackberry sampai hari ini tetap menjadi media komunikasi yang populer oleh masyarakat, selain mudah digunakan biayanya juga lebih murah. Tapi di sisi lain dari teknologi SMS juga memiliki kelemahan. Teknologi SMS tidak menjamin keamanan dan kerahasiaan pesan yang dikirim. Beberapa risiko juga merupakan ancaman bagi keamanan termasuk SMS spoofing, SMS snooping, dan SMS interception.
Dari beberapa ancaman terhadap risiko seperti pesan SMS, maka perlu untuk membangun sebuah aplikasi yang mampu mengamankan dan menyimpan pesan SMS rahasia, sehingga dalam hal terjadi ancaman dan pesan yang dibuka, isi pesan tetap rahasia. Salah satu solusi untuk mengamankan dan menjaga pesan untuk mengenkripsi pesan SMS sebelum pengiriman.

1.3.              Pembatasan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka penulis akan membatasi permasalahan. Permasalahan tersebut, diantaranya :
·         Deskripsi Program Aplikasi
·         Cara Kerja aplikasi
·         Rancangan Program aplikasi.
·         Rancangan Program aplikasi.

1.4.              Perumusan Masalah
      Dalam pembuatan perangkat lunak (software) Aplikasi keamanan data SMS menggunakan Alogaritma Vigenere Ciper berbasis Blackberry. Permasalahan yang akan dibahas, diantaranya adalah :
·      Bagaimana membuat aplikasi keamanan data SMS menggunakan alogaritma Vigenere Ciper berbasis Blackberry.
·      Bagaimana menghasilkan chipertext dan plaintext pada alogaritma Vigenere Ciper.
·      Bagaimana merancang program enkripsi dan deskripsi.
·      Bagaimana menggunakan Operating System Blackberry dalam pembuatan aplikasi.
·      Bagaimana mengimplementasikan aplikasi dalam perangkat lunak.

1.5.              Tujuan Penelitian

Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini, diantaranya adalah :
·      Membuat sebuah software aplikasi keamanan data SMS menggunakan alogaritma Vigenere Ciper berbasis Blackberry.
·         Memberikan gambaran langsung tentang proses enkripsi dan deskripsi.
·         Melindungi data dari pengaksesan data oleh pihaik-pihak yang tidak memiliki hak terhadap data tersebut.

1.6.              Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari pembuatan Tugas Akhir ini, diantaranya adalah :
·      Menjamin keamanan data dalam melakukan pertukaran informasi.
·      Menjaga kerahasiaan dan keamanan data seseorang dalam melakukan pertukaran informasi.
·      Memberikan inspirasi atau ide kepada mahasiswa lain untuk mengembangkan aplikasi  lain yang akan digunakan pada Operating System Blackberry.
·      Mengembangkan  teknologi yang sedang berkembang dengan cara membuat aplikasi yang bersifat mobile.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.                     
2.1.              Kriptografi

(Dony Ariyus, 2006) dalam bukunya “Kriptografi Keamanan Data Dan Komunikasi”, kriptografi (cryptography) berasal dari bahasa Yunani yaitu cryptos artinya rahasia (secret) dan graphein artinya tulisan ( writing). Jadi kriptografi berarti tulisan rahasia (secret writing). Secara istilah kriptografi didefinisikan sebagai ilmu sekaligus seni untuk menjaga kerahasiaan pesan (data atau informasi) yang mempunyai arti atau nilai, dengan cara menyamarkannya (mengacak) menjadi bentuk yang tidak dapat dimengerti menggunakan suatu algoritma tertentu. Menurut Bruce Scheiner kriptografi adalah ilmu pengetahuan dan seni menjaga message-message agar tetap aman (secure)(Scheiner, B.,1996). Sedangkan menurut Menezer kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik- teknik matematik yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan, integritas data, serta otentifikasi [1]
Dalam ilmu kriptografi suatu pesan yang akan dirahasiakan atau disandikan disebut dengan plaintext, sedangkan pesan yang telah disandikan sehingga tidak memiliki nilai dan arti lagi dengan tujuan agar pesan tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berhak disebut chipertext. Dalam ilmu kriptografi juga terdapat istilah enkripsi dan deskripsi. Enkripsi merupakan proses menyandikan plaintext menjadi chipertext dengan menggunakan algoritma tertentu. Sedangkan proses mengembalikan chipertext menjadi plaintext disebut sebagai Deskripsi.

2.2.              Vigenere Ciper

Vigenere cipher merupakan salah satu algoritma klasik dengan teknik substitusi. Nama vigenere diambil dari seorang yang bernama Blaise de Vigenere. Vigenere cipher mungkin adalah contoh terbaik dari cipher alphabet-majemuk ‘manual’. Algoritma ini dipublikasikan oleh diplomat (sekaligus seorang kriptologis) perancis, Blaise de Vigènere pada abad 16, meskipun Giovan Batista Belaso telah menggambarkannya pertama kali pada tahun 1553 sepeti ditulis di dalam bukunya La Cifra del Sig. Vigènere cipher dipublikasikan pada tahun 1586, tetapi algoritma tersebut baru dikenal luas 200 tahun kemudian yang oleh penemunya cipher tersebut dinamakan vigènere cipher. Cipher ini berhasil dipecahkan oleh Babbage dan Kasiski pada pertengahan abad 19.

2.3.              Metode Kasiski

(Rinaldi Munir, 2006) Metode Kasiski merupakan sutau metode dimana dapat membantu menemukan panjang kunci dari Vigenere Ciper. Metode kasiski memanfaatkan keuntungan bahasa ingrris tidak hanya pengulangan 1 huruf tetapi juga pengulangan pasangan huruf atau triple. Perulangan seperti ini memungkinkan memberikan hasil cipherteks yang berulang.

2.4.              Advance Dhwrse Vigenere (ADVC)

Untuk memudahkan penyebutannya, teknik Vigenere cipher yang mampu mengenkripsi karakter , angka , dan huruf alphabet sebagai Advance Dhwrse Vigenere Cipher (ADVC). Modifikasi ini secara praktik sangatlah membantu sistem keamanan informasi pada saat ini karena semua karakter yang ada di dunia komunikasi dapat dienkripsi dan didekripsi menggunakan metode ADVC. Dengan sedikit memodifikasi dari teknik Vigenere cipher, maka penggunaan metode enkripsi Vigenere dapat diterapkan dalam segala aplikasi informasi dunia elektronik secara global. Dikarenakan secara konseptual metode Vigenere cipher sangat mudah diterapkan, pengembangan ADVC tentu akan mempercepat dan mempermudah aplikasi yang menerapkan ADVC untuk mengenkirpsi dan mengamankan informasi yang ingin dilindungi aplikasi tersebut. Proses enkripsi ADVC adalah dengan menentukan kunci ke-i dengan mengenkripsi kunci pengulangan ke-(i-1) dengan kunci ke-1. Setelah mendapatkan chipertext tersebut, ciphertext tersebut kemudian disubstitusi dengan karakter atau simbol yang terdapat di ponsel Blackberry. [2]


2.5.              Java

            Java adalah bahasa pemrograman Object Oriented Programming (OOP) yang dibuat oleh Sun Microsystem. Java dirancang untuk menjadi bahasa yang memiliki kemampuan tinggi dalam hal portabilitas dan pemanfaatan jaringan tanpa mengabaikan kestabilan, kemanan, serta kemudahan dari sisi desain dan pemrograman aplikasi.
            Awal mula bahasa Java adalah Oak. Oak dikembangkan oleh Sun Microsystem yang kemudian berganti nama menjadi java. Awalnya java dikembangkan menjadi sebuah bahasa pemrograman yang platform-independence sehingga dapat dipakai dan di-embededkan ke perangkat-perangkat elektronik rumah tangga seperti televisi dan microwave, tetapi pada perkembangannya java dapat digunakan untuk pemrograman secara umum. [3]

2.6.              Eclipse Galileo

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platformindependent). Eclipse awalnya dikembangkan oleh IBM untuk menggantikan perangkat lunak IBM Visual Age for Java 4.0. Produk ini diluncurkan oleh IBM pada tanggal 5 November 2001, yang menginvestasikan sebanyak US$ 40 juta untuk pengembangannya. Semenjak itu konsursium Eclipse Foundation mengambil alih untuk pengembangan Eclipse lebih lanjut dan pengaturan organisasinya. Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.
Terdapat dua jenis platform untuk pengembangan aplikasi BlackBerry ini, yaitu berbasis bahasa Java (menggunakan Java Mobile Edition for BlackBerry) dan berbasis Web (menggunakan Widgets for BlackBerry). Pada pengembangan aplikasi ini menggunakan aplikasi BlackBerry yang berbasis Java.


2.7.              Code Singing Blackberry

Code signing adalah proses dimana sebuah kode ditandatangani secara dijital oleh pembuat kode dalam rangka untuk menjamin autentikasi dan integritas kode yang kuat bagi pemakai kode. Kode yang dimaksud di sini adalah kode aplikasi (executeable file). Cara kerja code signing adalah dengan memberikan tanda tangan dijital menggunakan sistem kunci privat dan publik, mirip seperti pada SSL atau SSH.
Dengan code signing, pengembang menggunakan sebuah kunci untuk menandatangani aplikasi yang dibuat. Kunci ini bersifat unik untuk seorang pengembang atau sebuah grup atau bahkan untuk tiap aplikasi atau objek. Cara umum untuk melakukan tanda tangan dijital adalah dengan menggunakan sertifikat dari certificate authority (CA) yang terpercaya. Code signing sangat berguna dalam lingkungan yang terdistribusi, dimana sumber dari sebuah bagian kode tidak langsung diketahui dengan jelas. Sebagai contoh, aplikasi Java 2 Micro Edition (J2ME) yang telah banyak didukung oleh perangkat-perangkat mobile yang ada sekarang. Aplikasi J2ME banyak beredar di Internet dan bebas diunduh langsung melalui perangkat mobile. Code signing akan membantu pengguna untuk memilih aplikasi mana yang aman untuk dipakai. Dalam mengembangkan aplikasi pada ponsel Blackberry yang menggunakan platform Blackberry API, kelas-kelas tersebut nantinya termasuk dalam kategori Signed. Tanpa adanya code signing Blackberry, program aplikasi tersebut hanya dapat berjalan pada Blackberry simulator [4].

BAB III
METODELOGI
3.1.Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat            : Jakarta Selatan
Waktu              : 28 Desember 2014

3.2.Metode Penelitian

  • Studi literature
Yaitu mencari dan mempelajari buku – buku dan sumber informasi dari internet yang digunakan sebagai bahan referensi yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi.
  • Implementasi dan pembuatan program
Yaitu pembuatan program yang akan dibuat dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.
  • Konsultasi dan bimbingan
Yaitu meminta pendapat, saran dan kritik kepada pembimbing atau orang yang berkompeten dalam pelaksanaan tugas akhir ini.

  • Percobaan dan troubleshooting
Yaitu menguji program yang telah dibuat dengan memadukan unsur referensi – referensi yang diperoleh dari metode kepustakaan.


3    3.Instrument Penelitian

3.3.1.      Eclipse Ganymede dan Galileo
3.3.2.      Code Signing Blackberry
3.3.3.      Blackberry Plug-in for Eclipse 1.1

3.4.Teknik Analisis Data

Cara kerja aplikasi berupa flowchart dimana dalam flowchart digambarkan secara jelas dari proses masukan yang mengharuskan pengirim dan penerima menyetujui satu kunci tertentu yang telah disepakati sebelum mereka dapat berkomunikasi dengan aman dan nyaman. Dalam perancangan SMSlockcrypt, bagan alir sistem akan digambarkan menggunakan flowchart. Hal ini karena struktur enkripsi dekripsi yang relative rumit. Hal ini karena struktur enkripsi dekripsi yang relative rumit. Flowchart Sistem Bagan alir sistem SMSlockcrypt dapat dilihat dibawah ini :

DAFTAR PUSTAKA
[1] Ariyus, Dony. 2005. Kamus Hacker. Yogyakarta: Penerbit ANDI

___________.   2008.   Pengantar   Ilmu   Kriptografi  Teori,   Analisis,   dan  Implementasi,

Yogyakarta, Andi Offset. ,tanggal akses : 2 Januari 2013.
[2] Modifikasi Vigenere Cipher dengan Enkripsi-Pembangkit Kunci Bergeser, http://www.informatika.org/~rinaldi/Kriptografi/2009-2010/Makalah1/Makalah1_IF3058_2010_046.pdf tanggal akses : 2 Januari 2013
[3] JENI, Pengenalan Bahasa Java, http://poss.ipb.ac.id/file/JENI-intro1-bab2-pengenalan_bahasa_JAVA.pdf. tanggal akses : 3 Januari
 [4] Code Signing pada Perangkat Mobile dan Pengembangannya pada BlackBerry.http://www.informatika.org/~rinaldi/Kriptografi/2009-2010/Makalah2/Makalah2_IF3058_2010_057.pdf tanggal akses : 7 Desember


Tidak ada komentar:

Posting Komentar