Popular Posts

Jumat, 29 November 2013

Pemilihan Sadel yang Baik dan Benar



          Ketika pertama kali merakit sepeda, mungkin beberapa orang lebih mementingkan bentuk dan warna sadel yang menyesuaikan dengan jenis sepeda dan warna sepeda yang dia rakit, tanpa memikirkan kenyamanan saat bersepeda dan beranggapak bahwa badan dapat menyesuaikan dan akhirnya nyaman dengan keadaan sadel yang kurang nyaman, padahal kenyamanan itu sangatlah penting.


           Dalam olahraga sepeda, sadel merupakan suatu yang sangat penting, bahkan para atlet sepeda yang sering berada diatas sepeda selama berjam-jam dan berkilo-kilometer jauhnya dapat membuat rasa nyeri otot, tidak nyaman dan lain-lain yang dapat menggaggu konsentrasi saat mengendarai sepeda dikarenakan kurang nyamannya sadel yang digunakan.

Sebelum membeli sadel sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut :

           * Bentuk
                      Memilih sadel sepeda yang baik dapat dilihat dari bentuk sadel itu sendiri, ditoko sepeda biasanya terdapat banyak sekali modelnya, sadel dibuat untuk dengan berbagai bentuk bertujuan untuk menopang berat badan saat bersepeda. Sadel juga dibuat sedemikian rupa sehingga pas dengan sit bone/tulang ekor/bokong; sadel untuk perempuan biasanya lebih lebar dibandingkan dengan saddle untuk pria

           * Cover sadel
                      Cover sadel ada yang terbuat dari kulit ( sapi, ada juga untuk menambah eksotik terkadang dibuat dari kulit buaya atau ular), kulit sintesis (lorica), adapula yang terbuat dari campuran kain dan plastic. Cover sadel untuk race/balap biasanya dibuat dengan licin atau halus, sedangkan untuk sepeda off-road/mountain (MTB) biasanya pada sudutnya dibuat agak tebal untuk menahan pantulan saat turunan pada medan yang tidak rata. Pemilihan warna dan bahan cover sadel selain membuat nyaman juga dapat mempercantik tampilan sepeda kita.

           * Shell dan Design
                      Sadel biasanya dibuat dari campuran plastik agar tidak berat, biasanya terbuat dari nylon bahkan carbon. Sadel dibuat agar mampu menahan berat badan pengendara saat bersepeda. Desain sadel yang baik adalah sadel yang mampu menopang pergeseran sit bone saat bersepeda.

           * Busa Sadel (Padding)
                      Padding adalah bagian yang sangat vital untuk kenyamanan. Padding sadel biasanya menggunakan busa urethane yang dicampur dengan gel polymer sehingga pengendara dapat nyaman dalam bersepeda, busa dan gel ini dicetak bersama-sama dengan shell, dengan kepadatan dan ketebalan yang bervariasi sesuai model.

                       Bantalan sadel yang tebal dan empuk tidak selamanya membuat nyaman saat bersepeda, jika bantalan sadel kita tidak sesuai dengan posture tubuh, maka bukan nyaman yang didapat tapi sakit dan panas. Karena bantalan sadel didesain agar mampu focus menopang sit-bone; apabila terlalu tebal sangat memungkin area-area lain disekitar sit-bone tekena bantalan saddle yang menyebabkan sakit dan panas.

           * Dudukan sadel
                      Ini merupakan bagian bawah sadel yang ditempelkan pada seatpost. Dahulu dudukan sadel ini dibuat dari besi baja yang berat kemudian dilapisi dengan chrome, saat ini dudukan sadel dibuat dari carbon yang dilapisi alumunium atau untuk sadel yang mahal biasanya dibuat dari titatium sehingga sadel menjadi lebih ringan dan kuat. Beberapa jenis sadel menggunakan monorail atau system balok sehingga mudah dipasangkan pada seatpost.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar