Popular Posts

Sabtu, 30 November 2013

Tips Memandikan Kucing


          Kucing... Salah satu hewan peliharaan yang lucu, suka dimanja, imut dan ada setiap saat kita butuh,
Walaupun kucing takut air, tetap kita harus memandikannya agar tetap bersih. Kucing bersih, kitapun senang, jika sering dimandikan, kucing pun akan terbiasa dan akan senang dimandikan.

          Kucing yang dimandikan itu bukan kucing dengan ras khusus saja, kucing biasa juga harus dimandikan! Walaupun hanya kucing biasa, kalo kita rawat baik-baik, bisa terlihat seperti kucing mahal

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :
          * Air hangat
          * Handuk dan hair dryer (untuk mengeringkan sehabis dimandikan)
          * Sikat khusus kucing / sikat gigi
          * Sisir kucing tipe sikat (brush comb)
          * Shampoo kucing atau shampoo obat (shampoo anti kutu, anti jamur atau anti bakteri)
          * Kapas (untuk menutupi bagian telinga)

Cara memandikan :
          Lakukan pemeriksaaan pada bagian tubuh kucing terutama bagian-bagian yang penting seperti lipatan tubuh, karena mungkin ada yang sakit, seperti jamur, tungau scabies, kutu pinjal.

          Setelah alat dan bahan sudah siap, dan seluruh tubuh kucing sudah diperiksa. Barulah kita mulai dengan pertama-tama tutup lubang telinga kucing dengan kapas. gunanya agar air tidak bisa masuk ke dalam telinganya ketika sedang dimandikan.

          Basahi seluruh tubuh kucing dengan air hangat, dengan perlahan-lahan sambil digosok pelan agar airnya bisa meresap sampai dasar kulitnya. Pastikan air membasahi seluruh bulu sampai ke kulit. Pengobatan tidak akan efektif bila air dan shampoo tidak mencapai kulit. Pada kucing dengan bulu panjang dan tebal lebih mudah disemprot menggunakan air bertekanan.

          Ratakan shampoo ke seluruh tubuh dari kepala hingga ujung ekornya, sambil dipijat menggunakan jari. Hati-hati pada saat memberikan shampoo pada daerah sekitar mata dan hidung (wajah). Usahakan shampoo tidak masuk ke mata. Setelah merata, sikat dan bersihkan bagian-bagian yang sakit dengan sikat gigi. Hati-hati bila menyikat bagian yang luka. Pastikan shampoo berada di tubuh selama 5-7 menit agar kutu, jamur dan bakteri penyebab penyakit mati terkena shampoo obat.

          Bilas seluruh tubuh kucing dengan air hingga bersih. Periksa kembali bagian-bagian yang sakit. Pemberian shampo diulang sekali lagi, sambil membersihkan/menyikat kembali bagian-bagian yang sakit. Ratakan shampoo dan biarkan kembali 5-7 menit, kemudian dibilas sampai bersih, dan pastikan sudah tidak ada shampo yang tersisa di bulu-bulunya.

          Keringkan kucing dengan handuk, kemudian keringkan kucing dengan pengering rambut (hairdryer) sambil disisir. Penyisiran bertujuan menghilangkan rambut yang rontok dan mempercepat pengeringan rambut.Pastikan bulu dan seluruh tubuh kucing kering sampai ke kulit, terutama di daerah dengan bulu tebal dan yang agak sulit seperti daerah perut, kaki belakang, daerah diantara kaki belakang, pangkal ekor dan telapak kaki.

          Pengeringan yang tidak sempurna akan menciptakan lingkungan dan kelembaban yang cocok bagi tumbuhnya jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar